Pengertian Class pada OOP PHP.

Class pada OOP PHP merupakan kerangka dasar dari object. Class digunakan hanya untuk membuat kerangka yang akan kita pakai nantinya adalah hasil dari class, yakni object. Sebagai analoginya, class bisa diibaratkan dengan sebuah sepeda motor, yang mana sepeda motor memiliki ciri-ciri seperti merk, roda, mesin, dan beberapa ciri khas lain yang menyatakan sebuah benda tersebut adalah sepeda motor. Selain memiliki ciri-ciri, sepeda motor juga bisa memiliki tindakan, seperti: menghidupkan sepeda motor atau mengendarai sepeda motor.

Pengertian Class pada OOP PHP.

Di dalam PHP, penulisan class diawali dengan kata kunci class, kemudian diikuti dengan nama dari class. Aturan penulisan nama class sama seperti aturan penulisan variabel dalam PHP, yakni diawali dengan huruf atau underscore untuk karakter pertama, kemudian boleh diikuti dengan huruf, underscore atau angka untuk karakter kedua dan selanjutnya. Isi dari class berada dalam tanda kurung kurawal.

Contoh penulisan class:


<?php
class sepedamotor {
   // isi dari class sepedamotor...
}
?>


Artikel ini masih berlanjut, dan akan terus diupdate selalu tentang pembelajaran OOP ( Object Oriented Programming ) PHP. Jadi tetep terus pantengin yah, Bookmark dan sharenya jangan lupa.

Source : http://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-oop-php-pengertian-class-object-property-dan-method/